KH Hasyim Asy'ari (alif.id)

Pesan-Pesan KH Hasyim Asy’ari

Bismillahirrahmanirrahim
Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Sesudah saya mengucapkan salam, telah sampai berita kepada saya bahwa saat ini di antara saudara-saudara masih berkobar bara fitnah dan pertikaian. Lalu saya merenungkan apakah yang menjadi penyebab fitnah dan persilihan itu karena umat di zaman sekarang ini telah berani mengganti dan merubah kitab Allah SWT dan Hadits Rasulullah SAW.

Allah berfirman, “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (surat Al-Hujurat; 10)

Keadaan umat sekarang ini menganggap bahwa saudaranya mukmin sebagai musuh dan tidak mau memperbaiki bahkan merusak persaudaraan. Rasulullah bersabda: “Janganlah kalian saling menebar iri dengki, jangan kalian saling membenci dan jangan saling bermusuhan. Jadilah kalian bersaudara wahai hamba-hamba Allah SWT”.

Sementara masyarakat zaman sekarang saling iri dengki, saling membenci, saling bersaing (dalam urusan dunia), saling berebut dan bermusuhan.

Wahai para ulama yang fanatik terhadap sebagian madzhab dan pendapat (ulama madzhab), tinggalkanlah fanatik kalian terhadap urusan-urusan far’iyyah (tidak fundamental) yang di dalamnya para ulama masih menawarkan dua pendapat, yakni pendapat yang mengatakan bahwa “Setiap mujtahid (niscaya) benar.” serta pendapat yang mengatakan, “Mujtahid yang benar (pasti hanya) satu, namun mujtahid yang salah tetap mendapat pahala”.

Tinggalkanlah fanatik kalian! Dan tinggalkanlah jurang yang akan merusak kalian! Lakukanlah pembelaan terhadap agama Islam! Berjuanglah kalian untuk menangkis orang-orang yang mencoba melukai Al-Qur’an dan sifat-sifat Allah SWT berjuanglah kalian untuk menolak orang-orang yang berilmu sesat dan akidah yang merusak. Jihad untuk menolak mereka adalah wajib. Dan sibukkanlah diri kalian untuk senantiasa berjihad melawan mereka.

Maka marilah saudaraku, kita sekalian mengorbankan diri untuk melaksanakan kewajiban yang demikian.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Foto: Ilustrasi (kompasiana.com)

Persiapan Pernikahan Dalam Islam

Pernikahan bukan hanya tentang pesta dan segala macam hingar-bingarnya. Tidak jarang kita melihat pernikahan itu justru berhenti di tengah jalan. Mengapa? karena segala sesuatu perlu dipersiapkan, apalagi pernikahan yang diharapkan dapat berlangsung sekali seumur hidup.. Islam telah menganjurkan kepada manusia untuk menikah. Karena ada banyak hikmah di balik anjuran tersebut. Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda: […]