Wali Kota: Kebersihan Lingkungan Tanggung Jawab Bersama

Pekalongan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz mengatakan, kebersihan lingkungan, termasuk saluran air dan gorong-gorong menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai warga masyarakat.

“Tentu yang harus kita lakukan adalah membangun kesadaran tanggung jawab kebersihan. Karena jika tidak ada partisipasi dari masyarakat, maka keinginan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat hanya mimpi,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Wali Kota saat menjawab pertanyaan jamaah pada kegiatan ‘Subuh Berjamaah bersama Wali Kota’ di Masjid Ukhuwah Islamiyah Perumahan Limas, Krapyak, Pekalongan Utara, Ahad (27/10).

Dikatakan, dirinya cukup prihatin atas perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Bahkan kasur hingga elektronik banyak ditemukan di Kali Kota Pekalongan. “Sudah air kali berwarna hitam, ditambah perilaku masyarakat membuang sampah ke kali,” tegasnya.

Wali Kota mengajak kepada masyarakat untuk rajin menggelar kerja bakti secara gotong royong membersihkan lingkungannya masing-masing, apalagi musim hujan sudah tiba. Jangan sampai gara-gara saluran tersumbat, potensi banjir mengancam kita.

“Pemerintah Kota Pekalongan akan membantu untuk kawasan yang tidak bisa ditangani warga, seperti pengerukan drainase dan kebersihan kali Loji. Akan tetapi jika untuk lingkungan, warga secara bersama-sama harus terlibat untuk membersihkan,” pungkasnya.

Pewarta: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Atasi Limpasan, Pemkot Bangun Tanggul Darurat di Kali Loji

Pekalongan, Kabar OnlineDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan membangun tanggul darurat di wilayah Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. “Hal ini dilakukan sebagai solusi mengatasi limpasan air dari Kali Loji agar tidak menggenangi pemukiman warga,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin. Diungkapkan, tanggul darurat yang […]

Cegah Covid-19, Wali Kota Resmikan Kampung Tangguh

Pekalongan, Kabar OnlineKampung Tangguh Nusantara Candi di Jalan Permata RW IX Kelurahan Podosugih dan RW 7 dan 12 Binagriya Blok A, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan telah diresmikan oleh Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz bersama Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Andrian Suez, Selasa (23/6). Dua kampung ini merupakan kampung yang dibangun dengan […]