Wali Kota: Ekonomi Global Pengaruhi Usaha di Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz mengungkapkan, krisis ekonomi global yang terjadi saat ini sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi di Kota Pekalongan. Hal itu disebabkan oleh pertarungan dua negara besar, yakni China dan Amerika.

“Pertarungan dua negara besar ini berpengaruh terhadap kondisi ekonomi di Indonesia, khususnya di Kota Pekalongan,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pekalongan saat memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Kerja (Raker) Pengurus Koperasi Pemuda Buana (Kopena) di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Pekalongan, Rabu (20/11) kemarin.

Dikatakan, dampak yang paling dahsyat atas perangnya dua negara besar itu ialah kini di Jawa Timur sudah banyak pabrik tutup dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan besar-besaran.

“Ini harus kita sikapi bagaimana memperkuat lembaga usaha khususnya di ujung paling depan terutama kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pekalongan dan peran Kopena sesungguhnya ada di situ,” ungkapnya.

Dijelaskan, meski secara makro Kota Pekalongan tidak terdampak atas kondisi itu, apalagi sebagai kota enterprenaur yang memperngaruhi semangat para pengusaha untuk tetap eksis yang selalu berhasil keluar dari himpitan masalah ekonomi.

“Ada seribu satu jurus bagi orang Pekalongan untuk bisa tetap eksis,” tegasnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada kelompok pengelola lembaga keuangan mikro untuk lebih peduli kepada UMKM yang sudah terbukti mampu bertahan di tengah badai ekonomi. Maka kehadiran lembaga mikro seperti Kopena, Bahtera, Minna Lana, KSPPS SMNU, dan lainnya harus tetap disupoort dan didukung.

“Meski demikian, kita harus tetap hati-hati dan waspada, kalau pondasi ekonomi kita tidak kuat, maka para pengusaha di Kota Pekalongan yang mayoritas di bidang perbatikan akan gulung tikar,” pungkasnya.

Pewarta: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

NU Sragen: Maju Tidaknya LAZISNU Tergantung Pengurusnya

Pekalongan, Kabar Online Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Sriyanto mengungkapkan, berhasil tidaknya Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sangat tergantung kegesitan pengurus dalam mengelola LAZISNU. “Jika pengurusnya aktif, maka LAZISNU akan maju dan berkembang pesat. Akan tetapi jika pengurusnya biasa-biasa saja, maka LAZISNU tidak ada bedanya dengan […]

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Serahkan Bantuan kepada Penyandang Cacat

Pekalongan, Kabar Online Peringati Hari Disabilitas Internasional tahun 2019, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Mahfudz mengajak¬† kaum disabilitas untuk selalu bergembira bersama dan tetap mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada umat manusia. “Kita wajib bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua. Hal ini perlu saya sampaikan, agar kita […]