Wali Kota Harap ‘Cathlab’ Bisa Bantu Pasien Jantung di RSUD Bendan

Pekalongan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz menyambut baik dan menyampaikan terima kasihnyaa kepada Direktur RSUD Bendan dan jajarannya yang telah bekerja keras untuk menambah fasilitas pasien penyakit jantung berupa ‘Cathlab’ sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

“RSUD Bendan berupaya menjadi rumah sakit unggulan di wilayah Pantura Barat Jawa Tengah berupa unggulan pelayanan mata, ortopedi, dan jantung,” beber Saelany.

Hal itu disampaikan Wali Kota saat menyambut Tim BPJS Kesehatan Pusat visitasi ke RSUD Bendan Kota Pekalongan menindaklanjuti layanan Cathlab yang ada di RSUD Bendan Kota Pekalongan, Jumat (29/11).

Kepada Kabar Pekalongan Online, Selasa (2/12) Saelany menyebutkan bahwa jumlah kasus jantung yang meningkat di RSUD Bendan dan tingginya jumlah rujukan pada kasus jantung yang membutuhkan tindakan di RSUD Karyadi menjadi alasan pengadaan alat katerisasi jantung.

“Ini menjadi perwujudan RSUD Bendan menjadi rumah sakit rujukan penyakit jantung dan mata. Fasilitas Cathlab RSUD Bendan mampu memberikan pelayanan jantung yang lebih diagnostik. Fasilitas ini merupakan satu-satunya yang dimiliki rumah sakit dari wilayah Brebes hingga Kendal,” ugkapnya.

Wali Kota berharap dengan adanya fasilitas katerisasi jantung bisa menjadikan RSUD Bendan sebagai rumah sakit rujukan sehingga dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

“Pasien jantung tidak perlu harus dirujuk ke Semarang tetapi cukup di periksa di RSUD Bendan sehingga ini sangat membantu pasien baik dari segi tenaga, pikiran, dan biaya,“ papar Saelany.

Pelayanan cathlab pada pasien umum sudah dimulai sejak bulan April 2019, sampai bulan Oktober 2019 dan sudah ada 16 pasien yang sudah dilakukan tindakan RSUD Bendan. Namun pelayanan tersebut belum dapat diklaim dengan BPJS.

“Kami berharap dengan pelayanan cathlab ini dapat segera bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga sesuai dengan komitmen Pemerintah Kota Pekalongan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan,” ujar Saelany.

Saelany berharap melalui visitasi ini membuka jalan untuk kerjasama BPJS Kesehatan dengan RSUD Bendan dalam pelayanan cathlab.

Pewarta: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Ini Pedoman Hajatan Era New Normal di Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan mengeluarkan Surat Edaran Walikota Pekalongan Nomor 443.1/041 tentang Pedoman Penyelenggaraan Hajatan pada Tatanan Normal Baru Covid-19 di Kota Pekalongan. “Dalam rangka pencegahan, pengendalian, dan percepatan penanganan Covid-19 masyarakat yang ingin menyelenggarakan hajatan harus memenuhi ketentuan yang diterapkan,” ujar Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Senin (29/6). Dikatakan, untuk pelaksanaan akad […]

Monitoring New Normal Tempat Ibadah, Ini Skema Pemkot Pekalongan

Pekalongan, Kabar OnlineMasa pemberlakuan fase new normal atau adaptasi kebiasaan baru di Kota Pekalongan yang mulai diterapkan sejak Senin (8/6) lalu, membuat sejumlah tempat ibadah dibuka kembali, tak terkecuali gereja atau tempat ibadah untuk umat kristiani dan katolik. “Ini ketika Kota Pekalongan sudah dimulai New Normal, tempat peribadahan kita buka. Kami Pemerintah Kota Pekalongan beserta […]