BPBD Kota Pekalongan Nyatakan Siap Hadapi Bencana

Pekalongan, Kabar Online
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan menyatakan siap menghadapi bencana yang terjadi di tahun 2020.

Pernyataan itu disampaikan menindaklanjuti ditetapkannya Status Siaga Darurat Bencana Melalui SK Wali Kota No 1131/360 Tahun 2019 sejak 1 November 2019 sampai dengan 29 Februari 2020.

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Saminta saat koordinasi di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu (8/1). “Personil yang kami kerahkan melakukan monitoring rutin ke titik–titik rawan bencana setiap hari. Kami juga mensiagakan peralatan kebencanaan yang dimiliki BPBD dan instansi terkait,” terang Saminta.

Dijelaskan Saminta bahwa BPBD telah menginventarisasi ketersediaan logistik makanan, sarana pengungsi, dan kebutuhan dasar kedaruratan bencana.

“Sebagai upaya mendapatkan informasi dini kebencanaan untuk deteksi dini kebencanaan kami melakukan koordinasi dan monitoring dengan petugas pengairan di hulu sungai yang menuju Kota Pekalongan yakni Bendungan Asem Siketek,” papar Saminta.

Dikatakan, BPBD memberikan layanan informasi tentang kebencanaan terkait dengan cuaca, angin, prediksi curah hujan, gelombang laut, dan ketinggian debit air sungai kepada masyarakat melalui media sebagai Early Warming Sistem Kebencanaan.

“Upaya kesiapasiagaan pun kami lakukan untuk meminimalkan resiko bencana. Kami tindak lanjuti informasi dan laporan warga kemaren seperti penambalan tanggul darurat di daerah Krapyak Gg 3a, Kecamatan Pekalongan Utara,” tutur Saminta.

Disampaikan, pencegahan dan penanganan kebencanaan menjadi tugas dan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, dalam masa Status Siaga Darurat ini BPBD menambah kekuatan personil yang terdiri dari relawan, Satgas Penanganan Bencana, dan Komunitas SAR yang bersiaga selama 24 jam terbagi dalam 3 shift per harinya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Wujudkan Generasi Sehat Tanpa Narkoba, Pemkot Rutin Kunjungi Sekolah

Pekalongan, Kabar OnlineSosialisasi anti narkoba terus digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui kegiatan Walikota Goes to School. Kegiatan yang menyasar sejumlah sekolah di Pekalongan, salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Pekalongan dalam apel bersama Walikota Goes to School, bertempat di Halaman SMK Negeri 3 Kota Pekalongan, Senin (20/1). Selaku Inspektur […]

Camat Selatan Kembali Gelar Patroli di Kawasan Rawan Kriminal

Kuripan Kertoharjo, Kabar OnlineCamat Pekalongan Selatan Mahbub Syauqi beserta jajarannya menggelar patroli rutin di kawasan yang diduga rawan kriminalitas, khususnya yang sering dibuat mabuk-mabukan anak punk. “Ada beberapa laporan yang masuk, sehingga perlu segera direspons agar timbul keresahan di masyarakat,” ujarnya. Hal itu disampaikan saat gelar apel di Kantor Kecamatan Pekalongan Selatan bersama aparat Satpol […]