BPBD Kota Pekalongan Nyatakan Siap Hadapi Bencana

Pekalongan, Kabar Online
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan menyatakan siap menghadapi bencana yang terjadi di tahun 2020.

Pernyataan itu disampaikan menindaklanjuti ditetapkannya Status Siaga Darurat Bencana Melalui SK Wali Kota No 1131/360 Tahun 2019 sejak 1 November 2019 sampai dengan 29 Februari 2020.

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Saminta saat koordinasi di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu (8/1). “Personil yang kami kerahkan melakukan monitoring rutin ke titik–titik rawan bencana setiap hari. Kami juga mensiagakan peralatan kebencanaan yang dimiliki BPBD dan instansi terkait,” terang Saminta.

Dijelaskan Saminta bahwa BPBD telah menginventarisasi ketersediaan logistik makanan, sarana pengungsi, dan kebutuhan dasar kedaruratan bencana.

“Sebagai upaya mendapatkan informasi dini kebencanaan untuk deteksi dini kebencanaan kami melakukan koordinasi dan monitoring dengan petugas pengairan di hulu sungai yang menuju Kota Pekalongan yakni Bendungan Asem Siketek,” papar Saminta.

Dikatakan, BPBD memberikan layanan informasi tentang kebencanaan terkait dengan cuaca, angin, prediksi curah hujan, gelombang laut, dan ketinggian debit air sungai kepada masyarakat melalui media sebagai Early Warming Sistem Kebencanaan.

“Upaya kesiapasiagaan pun kami lakukan untuk meminimalkan resiko bencana. Kami tindak lanjuti informasi dan laporan warga kemaren seperti penambalan tanggul darurat di daerah Krapyak Gg 3a, Kecamatan Pekalongan Utara,” tutur Saminta.

Disampaikan, pencegahan dan penanganan kebencanaan menjadi tugas dan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, dalam masa Status Siaga Darurat ini BPBD menambah kekuatan personil yang terdiri dari relawan, Satgas Penanganan Bencana, dan Komunitas SAR yang bersiaga selama 24 jam terbagi dalam 3 shift per harinya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Atasi Limpasan, Pemkot Bangun Tanggul Darurat di Kali Loji

Pekalongan, Kabar OnlineDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan membangun tanggul darurat di wilayah Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. “Hal ini dilakukan sebagai solusi mengatasi limpasan air dari Kali Loji agar tidak menggenangi pemukiman warga,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin. Diungkapkan, tanggul darurat yang […]

Cegah Covid-19, Wali Kota Resmikan Kampung Tangguh

Pekalongan, Kabar OnlineKampung Tangguh Nusantara Candi di Jalan Permata RW IX Kelurahan Podosugih dan RW 7 dan 12 Binagriya Blok A, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan telah diresmikan oleh Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz bersama Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Andrian Suez, Selasa (23/6). Dua kampung ini merupakan kampung yang dibangun dengan […]