Antisipasi Banjir, BPBD Gandeng FPRB Setono Bersihkan Sampah Kali Banger

Pekalongan, Kabar Online
Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berbenah melakukan pencegahan terjadinya banjir. Apalagi saat ini, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di seluruh Indonesia khususnya Kota Pekalongan telah memasuki musim penghujan selama Bulan November 2019 hingga Februari 2020 mendatang.

Mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba, Satgas BPBD bergotong-royong bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kelurahan Setono dan warga setempat membersihkan sampah yang ada di Kali Banger yang melintas di Kelurahan Setono, Jumat (10/1).

Kepala BPBD Kota Pekalongan Saminta mengungkapkan, aksi pembersihan sampah di sungai ini dilakukan setelah adanya laporan warga Kelurahan Setono melalui FPRB yang telah dibentuk oleh BPBD Kota Pekalongan terkait adanya tumpukan sampah yang menghambat aliran air Kali Banger Setono.

“Kami bersama FPRB Setono dan warga melakukan pembersihan sampah, plastik, dan ranting kayu untuk memperlancar aliran air yang ada di Kali Banger. Hal ini juga sebagai upaya mengurangi risiko banjir di musim penghujan agar sungai tidak mampet dan alirannya lancar,” tutur Saminta.

Saminta mengapresiasi atas inisiatif FPRB Kelurahan Setono yang telah aktif berkoordinasi dengan BPBD Kota Pekalongan untuk bersama menjaga kebersihan sungai.

“Kami sangat terbantu sekali adanya FPRB ini dalam rangka membantu Pemerintah terutama dalam hal memberikan informasi dan melaporkan kondisi di wilayahnya yang kemungkinan rawan bencana sehingga langkah antisipasi bencana ini bisa segera dilakukan,” ungkapnya.

Perwakilan FPRB Kelurahan Setono, Ahmad Zarkasyi membenarkan bahwa beberapa hari yang lalu, intensitas curah hujan yang tinggi di Kota Pekalongan menyebabkan debit air Kali Banger cukup tinggi dan meluap hingga hampir 1 meter. Namun, beruntung tidak sampai menggenangi rumah warga.

“Selain membersihkan sampah, kami memotong batang pohon yang tersangkut di bawah tiang jembatan, sampah dan batang pohon ini berasal dari hulu arah Selatan yang terbawa kesini. Sehingga, kami meminta bantuan BPBD setempat untuk membantu peralatan perahu dan tenaga ahli untuk bersama-sama membersihkan sampah di sungai ini agar aliran tidak tersumbat,” terang Ahmad.

Ditambahkan, pihaknya bersama anggota FPRB Kelurahan Setono yang beranggotakan 70 orang dari berbagai elemen masyarakat Setono baik LPM/BKM, Karang Taruna, RT/RW dan sebagainya telah rutin melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap Hari Jumat dan Minggu, normalisasi sungai, sosialisasi peduli lingkungan kepada warga serta memasang spanduk larangan membuang sampah di sungai maupun selokan.

“Semoga upaya ini dapat menginspirasi masyarakat dan kelurahan lain untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan terutama di sungai serta mengantisipasi banjir di musim hujan,” pungkas Hafidz.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Ajakan Kerja Bakti Wali Kota Direspons Warga

Pekalongan, Kabar OnlineDalam berbagai kesempatan, baik dalam forum resmi maupun kemasyarakatan, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menekankan pentingnya semangat bergotong royong dalam menata lingkungan. Termasuk kerja bakti bersama membersihkan lingkungan. “Saya sangat prihatin, semangat bergotong royong warga Pekalongan mulai luntur. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga di lingkungan RT dan RW untuk […]

Satu Lagi Program Wali Kota Aplikasi ‘Yuk Ngantri’ Diluncurkan

Pekalongan Selatan, Kabar OnlineWali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya. Salah satu program terbarunya yakni layanan aplikasi ‘Yuk Ngantri’ diresmikan penggunaannya di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pekalongan Selatan Jalan HOS Cokroaminoto No 347, Kuripan Kertoharjo, Pekalongan Selatan, Jumat (24/1). […]