Ajakan Kerja Bakti Wali Kota Direspons Warga

Pekalongan, Kabar Online
Dalam berbagai kesempatan, baik dalam forum resmi maupun kemasyarakatan, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menekankan pentingnya semangat bergotong royong dalam menata lingkungan. Termasuk kerja bakti bersama membersihkan lingkungan.

“Saya sangat prihatin, semangat bergotong royong warga Pekalongan mulai luntur. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga di lingkungan RT dan RW untuk menggalakkan kerja bakti membersihkan lingkungan termasuk saluran air dan gorong-gorong dari berbagai kotoran yang menyumbat. Karena jika hal itu tidak dilakukan, akan berdampak banjir,” ujarnya.

Menindaklanjuti ajakan Wali Kota, warga penghuni Rusunawa Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jumat (24/1) menggelar kerja bakti masal dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat baik jajaran Pemerintah Kota Pekalongan, TNI/Polri, atau jajaran Forkopimda lainnya, komunitas serta warga Rusunawa Kuripan Yosorejo.

Seluruh elemen masyarakat kompak membersihkan sampah dan mengangkut tumpukan sampah tersebut ke armada truk yang telah disediakan. Kerja bakti ini diharapkan bisa memicu semangat gotong-royong antar seluruh elemen masyarakat untuk terus peduli menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Saminta menyampaikan apresiasi semangat gotong royong dari seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan aksi bersih lingkungan ini yang diawali dengan apel bersama di halaman Rusunawa Kuripan Yosorejo.

“Mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat, dan kerja nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat khususnya kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan, dan bisa dipastikan resiko penyakit-penyakit tidak akan muncul,” tegas Saminta.

Menurut Saminta, kerja bakti ini juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana terlebih saat ini telah memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

“Selain di lingkungan Rusunawa Kuripan Yosorejo, kami juga membersihkan sampah yang ada di sekitar bantaran Sungai Kuripan yang berlokasi dekat dengan rusunawa tersebut,” terangnya.

Dijelaskan, upaya kebersihan ini terus dimaksimalkan sebagai langkah pengurangan resiko bencana apalagi saat ini sudah musim penghujan, banyak saluran-saluran yang mampet karena adanya tumpukan sampah yang berserakan dan dibuang tidak pada tempatnya yang bisa menyebabkan banjir jika tidak dibersihkan.

Lurah Kuripan Yosorejo, Untung Siswanto mengungkapkan bahwa antusias seluruh peserta kerja bakti sangat luar biasa terutama warga Kuripan Yosorejo dan warga Rusunawa. Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada para RT/RW yang berada di wilayahnya untuk terus mensosialisasikan larangan membuang sampah sembarangan terutama yang dibuang di sungai melalui surat edaran dan pertemuan rutin warga.

“Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama terkait penanganan sampah ini sudah baik dan perlu terus ditingkatkan. Kebersihan lingkungan ini merupakan tanggungjawab bersama untuk selalu dijaga,” jelasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Masyarakat Pekalongan Harus Jalankan Protokol Kesehatan

Pekalongan, Kabar OnlineMasyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru, terutama pada tempat-tempat umum di mana terjadi banyak interaksi antar manusia. Masyarakat Kota Pekalongan harus dapat beradaptasi di tengah pandemi Covid-19 ini dengan kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh […]

Kawasan Perikanan Technopark Pekalongan Dicanangkan Jadi Kawasan Wisata dan Kuliner

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan terus berupaya bersinergi dengan berbagai elemen dalam penanganan virus Covid-19. Antara lain bergerak bersama masyarakat, serta TNI-Polri menginisiasi sejumlah Kampung Siaga. Salah satunya kembali meresmikan Kawasan Perikanan Technopark Pekalongan sebagai Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi yang berlokasikan di pesisir pantai Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat pekan lalu. Pencanangan […]