Satu Lagi Program Wali Kota Aplikasi ‘Yuk Ngantri’ Diluncurkan

Pekalongan Selatan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya.

Salah satu program terbarunya yakni layanan aplikasi ‘Yuk Ngantri’ diresmikan penggunaannya di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pekalongan Selatan Jalan HOS Cokroaminoto No 347, Kuripan Kertoharjo, Pekalongan Selatan, Jumat (24/1).

“Puskesmas Kecamatan Selatan hadir menjadi solusi untuk melayani masyarakat dengan lebih baik. Pasalnya, Puskesmas ini terdiri atas dua lantai selain melayani rawat jalan, juga ada rawat inap dan persalinan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan dr Slamet Budiyanto.

Dikatakan, masyarakat Kota Pekalongan bisa mengunduh aplikasi ‘Yuk Ngantri’ di playstore. Ada 14 Puskesmas di Kota Pekalongan yang sistem antrenya dapat diakses dari aplikasi ini.

“Kegiatan ini sesuai dengan amanat yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pekalongan untuk memperhatikan kesehatan masyarakat agar memiliki derajat kesehatan yang tinggi. Kondisi ini salah satunya ditandai dengan menurunnya angka kematian, angka kesakitan, dan status gizi yang baik,” terang Budi.

Menurut Budi, hal ini dapat terwujud apabila paradigma dalam pembangunan kesehatan dapat berjalan optimal, artinya Pemkot harus mengedepankan upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif daripada upaya yang bersifat penyembuhan.

“Kami ingin meningkatkan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan di bidang kesehatan di antaranya adalah peningkatan kualitas pelayanan,” ugkapnya.

Dijelaskan, saat ini seluruh Puskesmas di Kota Pekalongan pada tahun 2019 telah terakreditasi. Dari 5 Puskesmas yang diajukan, 4 di antaranya mendapatkan hasil akreditasi tingkat utama.

Disampaikan, pembangunan Gedung Puskesmas Pekalongan Selatan menelan dana sebesar Rp2.691.340.000. Budi berharap masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan ini di antaranya pelayanan kesehatan ibu hamil.

“Dalam meningkatkan pelayanan publik kami berikan kemudahan kepada masyarakat dalam pelayanan puskesmas dapat melalui pendaftaran online. Ini lebih efisien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Adanya layanan rawat inap dan persalinan di Puskesmas Kecamatan Selatan ini dapat mengurangi tingginya jumlah pasien di RSUD selain itu biaya pelayanan kesehatan juga lebih efisien.

Hadir jajaran Pemerintah Kota Pekalongan meninjau Puskesmas Pekalongan Selatan dan berinteraksi dengan pasien yang berkunjung.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pemkot Ajak Masyarakat Jaga Fasilitas Umum

Pekalongan, Kabar Online Para pekerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan tengah mengecat Jembatan Gambaran di Jalan Manggis untuk mempercantik tampilan Kota Pekalongan sekaligus melakukan perawatan jembatan dengan penggantian beberapa lampu penerangan jalan di jembatan. Jembatan merupakan fasilitas umum yang harus dirawat dan dijaga, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan […]

Wali Kota: Tanah Wakaf dan Aset Keagamaan Penting Disertifikasi

Pekalongan, Kabar OnlineWali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengatakan, tanah wakaf dan aset-aset keagamaan sangat penting untuk disertifikasi. Tujuannya agar tanah wakaf dan aset keagamaan terlindungi dengan sertifikat sehingga tidak akan hilang dan dijual. “Karena itu, masyarakat diminta proaktif untuk menyertifikasi tanah wakaf dan aset keagamaan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN),” ujarnya. Hal ini ditekankan […]