Wali Kota: Pelatihan Fisik untuk Tingkatkan Kinerja Satpol PP

Pekalongan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menegaskan, pembinaan dan pelatihan fisik untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan anggota Satpol PP.

“Bimbingan dan pelatihan ini digelar agar personil Satpol PP yang bertugas di pengamanan obvit memiliki bekal lebih dalam bertugas baik kesiapsiagaan, kekuatan, dan ketahanan fisik,” ujarnya.

Hal itu disampaikan saat dirinya menghadiri pembukaan pelatihan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan yang berlangsung di Lapangan Mataram, Senin (22/6).

Dikatakan, Satpol PP memiliki tiga tugas pokok. Pertama, menegakkan perda dan perwal. Kedua, menyelenggarakan ketertiban umum. Ketiga, menunaikan perlindungan masyarakat.

Wali Kota Pekalongan pimpin apel Satpol PP di Lapangan Mataram

“Saat ini permasalahan ketertiban umum, kebersihan, dan keamanan di Kota Pekalongan semakin kompleks. Tentu ini menuntut personil Satpol PP agar cermat menegakkan perwal dan perda,” tandasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, saat ini Perwal terkait ketertiban, kebersihan, dan sampah belum maksimal diterapkan. Tugas Satpol PP untuk mengawalnya.

Begitu juga dengan penyelenggaraan ketertiban umum, Satpol PP haruslah melaksanakan deteksi dini, pembinaan dan penyuluhan, serta patrol.

“Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 dan penyakit masyarakat masih tumbuh. Satpol PP haruslah melakukan pengamanan dan pengawalan, penertiban, bahkan pengamanan unjuk rasa. Mudah-mudahan Kota Pekalongan menjadi kota yang aman dan nyaman,” tutur Saelany.

Kepala Satpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menambahkan, tugas Satpol PP lainnya yakni penyelenggaraan perlindungan masyarakat seperti linmas, layanan damkar, layanan penyelamanatan kondisi bahaya non kebakaran, dan membantu evakuasi bencana.

“Bimbingan dan pelatihan yang akan dilaksanakan selama lima hari ini untuk meningkatkan mental, kekuatan fisik dan pikiran anggotanya agar lebih maksimal dalam bertugas,” terangnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

DPRD Tetapkan Aaf-Salahudin Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, HA Afzan Arslan Djunaid–H Salahudin sebagai pemenang dalam ajang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan Tahun 2020. Menindaklanjuti surat penetapan KPU tersebut, DPRD Kota Pekalongan langsung menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota […]

Dinhub Kota Pekalongan Miliki Bus Sekolah

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) akhirnya memiliki satu unit bus sekolah atas penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan RI karena dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik. “Bus sekolah ini nantinya akan dioperasikan usai pandemi dan setelah sistem yang direncanakan siap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan Slamet […]