Wali Kota: Pelatihan Fisik untuk Tingkatkan Kinerja Satpol PP

Pekalongan, Kabar Online
Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menegaskan, pembinaan dan pelatihan fisik untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan anggota Satpol PP.

“Bimbingan dan pelatihan ini digelar agar personil Satpol PP yang bertugas di pengamanan obvit memiliki bekal lebih dalam bertugas baik kesiapsiagaan, kekuatan, dan ketahanan fisik,” ujarnya.

Hal itu disampaikan saat dirinya menghadiri pembukaan pelatihan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan yang berlangsung di Lapangan Mataram, Senin (22/6).

Dikatakan, Satpol PP memiliki tiga tugas pokok. Pertama, menegakkan perda dan perwal. Kedua, menyelenggarakan ketertiban umum. Ketiga, menunaikan perlindungan masyarakat.

Wali Kota Pekalongan pimpin apel Satpol PP di Lapangan Mataram

“Saat ini permasalahan ketertiban umum, kebersihan, dan keamanan di Kota Pekalongan semakin kompleks. Tentu ini menuntut personil Satpol PP agar cermat menegakkan perwal dan perda,” tandasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, saat ini Perwal terkait ketertiban, kebersihan, dan sampah belum maksimal diterapkan. Tugas Satpol PP untuk mengawalnya.

Begitu juga dengan penyelenggaraan ketertiban umum, Satpol PP haruslah melaksanakan deteksi dini, pembinaan dan penyuluhan, serta patrol.

“Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 dan penyakit masyarakat masih tumbuh. Satpol PP haruslah melakukan pengamanan dan pengawalan, penertiban, bahkan pengamanan unjuk rasa. Mudah-mudahan Kota Pekalongan menjadi kota yang aman dan nyaman,” tutur Saelany.

Kepala Satpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menambahkan, tugas Satpol PP lainnya yakni penyelenggaraan perlindungan masyarakat seperti linmas, layanan damkar, layanan penyelamanatan kondisi bahaya non kebakaran, dan membantu evakuasi bencana.

“Bimbingan dan pelatihan yang akan dilaksanakan selama lima hari ini untuk meningkatkan mental, kekuatan fisik dan pikiran anggotanya agar lebih maksimal dalam bertugas,” terangnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Wali Kota Cek Penyaluran Bantuan Susulan ke Beberapa Kelurahan

Pekalongan, Kabar OnlineWali Kota Pekalongan HM Saelany Mahfudz didampingi Plt Kepala Dinsos P2KB dan Asisten 1 Setda Kota Pekalongan meninjau penyaluran bantuan susulan ke beberapa kelurahan pada Senin (29/6). “Ini untuk memastikan bahwa bantuan susulan kepada warga terdampak Covid-19 diterima langsung kepada yang berhak, sehingga janji Pemkot pada tanggal akhir Juni 2020 seluruh warga yang […]

Wali Kota: Kampung Tangguh untuk Lawan Pandemi Covid-19

Pekalongan, Kabar Online Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengungkapkan, pembentukan kampung tangguh bertujuan untuk mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 di lingkungannya. “Kami melihat semuanya ini merasa kagum luar biasa atas pembentukan ‘Kampung Tangguh Nusantara Candi’ di Dukuh Kanyaran, Kelurahan Sokoduwet ini ternyata masyarakatnya paham bagaimana mengantisipasi […]