Wali Kota Minta LKKS Bantu Awasi Penyaluran Bantuan Sosial

Pekalongan, Kabar Online
Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pekalongan yang telah dikukuhkan pada Tahun 2019 silam didorong untuk membantu pelayanan program kesejahteraan sosial yang telah digalakkan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) setempat.

“Pada Bulan Juni ini akan digulirkan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak Covid-19 Tahap II yang bersumber dari APBD Kota Pekalongan,” ujar Wali Kota Pekalongan HM Saelany Mahfudz.

Demikian disampaikan saat membuka pembinaan LKKS Kota Pekalongan, bertempat di Kantor Dinsos-P2KB setempat, Selasa (23/6/2020).

Disampaikan, pertemuan dengan LKKS yang dibentuk oleh Dinsos-P2KB merupakan pertama kalinya sejak dibentuk tahun 2019 guna membantu pendampingan masyarakat untuk memberikan informasi, edukasi terkait program-program kesejahteraan sosial.

“Selama ini mereka sebagai perantara antara pemerintah dengan masyarakat sehingga pemerintah dalam membuat kebijakan penanganan sosial bisa tepat sasaran dan terarah,” tutur Saelany.

Wali Kota beri arahan kepada penguru LKKS di Kantor Dinsos P2KB Kota Pekalongan

Menurut Saelany, selama ini data kemiskinan di Kota Pekalongan belum satu terpadu, sehingga tidak dipungkiri masih adanya bantuan sosial yang kurang tepat sasaran. Oleh karena itu, pihaknya menekankan kepada para pengurus LKKS untuk terus semangat membantu mengawasi dan memverifikasi data-data yang salah sehingga nantinya penyaluran bantuan-bantuan sosial bisa tepat sasaran dan tidak ditemukan data penerima bantuan dobel.

“Menurut data BPS, angka kemiskinan di Kota Pekalongan sebesar 7 persen atau sekitar 24 ribu warga miskin yang memang betul-betul menjadi Pemerintah untuk segera dientaskan,” ucapnya.

Sementara lanjutnya, data kemiskinan di Kota Pekalongan ini belum satu, dari sektor pendidikan punya sendiri, sosial juga punya data kemiskinan sendiri, dan sektor kesehatan juga, sehingga dengan adanya LKKS ini mereka bisa menjembatani masyarakat dengan pemerintah, warga yang sebelumnya miskin dan kini sudah sejahtera bisa dialihkan bantuannya kepada mereka yang memang harus dibantu diberikan bantuan sosial.

Plt Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan Budiyanto menyampaikan bahwa keberadaan LKKS di bawah binaan Dinsos-P2KB ini sangatlah penting dalam membantu pemerintah mengawasi dan menginformasikan kepada masyarakat terkait hal-hal kesejahteraan sosial seperti bantuan JPS II yang akan digulirkan mulai 23 Juni agar tepat sasaran.

“Para LKKS ini nantinya akan ditempatkan di masing-masing kelurahan sebagai perantara antara Pemerintah dengan masyarakat terutama terkait pelaksanaan JPS di Kota Pekalongan,” terangnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Cherche Transexuel Dans La Somme Plan Cul

Alice plan cul. Ma meilleure amie raconte ses plans plan cul toulouse (https://www.papaplancul.com/plan-cul-toulouse/) culs. Vous pourrez également découvrir des articles très intéressants et relatifs à la meilleure manière d’intéresser la partenaire que vous désirez avoir dans votre lit. Courte de base de proxidating un partenaire j’aime vivre ou vous. Et autres généraux et vraiment se […]

Catatan Wali Kota Menyapa Warga (2), Salam Sehat

Pekalongan, Kabar Online Pemerintah Kota Pekalongan menaruh perhatian besar terhadap kesehatan warganya. Terbukti beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dibenahi sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan di bidang kesehatan. Selain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan yang berada di Jalan Sriwijaya, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan telah memiliki 14 Puskesmas yang tersebar di 4 kecamatan. […]