Permudah Siswa Belajar, Pemkot Luncurkan Program Edukasi di TV dan Radio

Pekalongan, Kabar Online
Guna memberikan kemudahan bagi siswa sekolah belajar dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dindik) meluncurkan program Guru mengajar melalui Batik TV dan Radio Kota Batik (RKB) pada awal September mendatang.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan Yos Rosyidi menjelaskan bahwa program edukasi yang disiarkan secara langsung oleh Batik TV dan siaran RKB tersebut merupakan terobosan baru dari Pemerintah Kota Pekalongan.

“Program edukasi di TV dan radio untuk memberikan layanan pendidikan kepada siswa selama belajar di rumah di tengah masa pandemi Covid-19. Kami prihatin dengan situasi sektor pendidikan selama pandemi ini berdampak di mana proses belajar mengajar secara tatap muka ditiadakan dan dilaksanakan secara PJJ daring,” ungkapnya, Rabu (26/8).

Namun lanjutnya, di dalam pelaksanaan PJJ daring tersebut, masih terdapat beberapa kendala di antaranya kepemilikan smartphone yang tidak semua peserta didik mempunyai dan pemenuhan kebutuhan kuota internet.

“Oleh karena itu, kami berinisiatif melatih para guru untuk membuat video pembelajaran untuk mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) luring melalui televisi maupun radio lokal milik Pemkot Pekalongan yang dimulai pada awal September mendatang,” ujar Yos.

Untuk mewujudkan PJJ luring ini sambung Yos, Dinkominfo Kota Pekalongan bersinergi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setempat dan Dinas Pendidikan yang diharapkan dapat memberikan layanan pendidikan bagi peserta didik selama pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya nanti sambung Yos, para guru akan memberikan pembelajaran interaktif yang ditayangkan secara live melalui Batik TV di channel 57 UHF setiap hari dari pukul 08.00-11.00 WIB dan juga bisa diakses melalui live streaming Batik TV Official Youtube Channel dan program edukasi RKB 91,2 FM.

“Setelah para guru ini dilatih untuk membuat video pembelajaran untuk program TV dan radio, mereka akan melaksanakan gladi bersih siaran live TV pada 25-26 Agustus 2020 dan pelaksanaan launching siaran live program edukasi Batik TV dan RKB ini dijadwalkan mulai 1 September 2020 yang dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan,” jelasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Masyarakat Pekalongan Harus Jalankan Protokol Kesehatan

Pekalongan, Kabar OnlineMasyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru, terutama pada tempat-tempat umum di mana terjadi banyak interaksi antar manusia. Masyarakat Kota Pekalongan harus dapat beradaptasi di tengah pandemi Covid-19 ini dengan kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh […]

Kawasan Perikanan Technopark Pekalongan Dicanangkan Jadi Kawasan Wisata dan Kuliner

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan terus berupaya bersinergi dengan berbagai elemen dalam penanganan virus Covid-19. Antara lain bergerak bersama masyarakat, serta TNI-Polri menginisiasi sejumlah Kampung Siaga. Salah satunya kembali meresmikan Kawasan Perikanan Technopark Pekalongan sebagai Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi yang berlokasikan di pesisir pantai Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat pekan lalu. Pencanangan […]