Tekan Penyebaran Covid, Operasi Wajib Masker Terus Digencarkan

Pekalongan, Kabar Online
Kepatuhan warga menggunakan masker terus dilakukan monitoring oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan. Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan terus menggencarkan operasi tertib masker di berbagai kawasan kota.

Dalam operasi tersebut melibatkan jajaran Pemkot Pekalongan dari Satpol PP, Dishub Kota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota dan Kodim 0710/Pekalongan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan Sri Budi Santoso mengungkapkan bahwa operasi gabungan pun terus digencarkan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat Kota Pekalongan agar disiplin menggunakan masker saat berpergian ke luar rumah.

“Satpol PP bersama TNI Kodim 0710/Pekalongan dan jajaran kepolisian Polres Pekalongan melakukan operasi wajib menggunakan masker di depan Kantor Makodim 0710/Pekalongan,” ujarnya.

Dikatakan, Kota Pekalongan sendiri sudah menerbitkan Perwal Nomor 48 Tahun 2020 mengenai Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Pekalongan.

Budi menjelaskan, dalam operasi masker tersebut, warga yang sedang berkendara maupun melintas di kawasan tersebut dan tidak memakai masker, diberikan sejumlah sanksi baik sanksi kerja sosial, pembinaan, dan sanksi fisik (push up).

“Operasi masker serupa bakal terus diintensifkan dan menyasar sejumlah lokasi dan tempat umum yang ada di Kota Pekalongan secara rutin. Masyarakat yang terjaring operasi ini kami berikan sanksi edukasi, diperingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menyebutkan, dalam kegiatan operasi masker ini, setidaknya ada 100 orang masyarakat yang terjaring tidak patuh menggunakan masker.

Dandim mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan khususnya wajib menggunakan masker saat berpergian keluar rumah untuk menekan angka kasus Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Target operasi ini menyasar seluruh masyarakat yang masih belum menyadari betapa pentingnya disiplin protokol kesehatan. Dari hasil operasi hari ini, sudah ada 100 an masyarakat yang melanggar belum memakai masker, sehingga kami beri sanksi sosial seperti membersihkan lingkungan di sekitar taman kota, sanksi pembinaan seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB), sanksi hukuman push up, dan sebagainya,” pungkasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Tegakkan Kepatuhan Bermasker, Pemkot Gencarkan Operasi Masker

Pekalongan, Kabar OnlineGuna mencegah adanya penyusup dalam demo penolakkan Omnibus Law serta menegakkan penggunaan masker, Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan terus menggencarkan operasi tertib masker di berbagai kawasan, salah satunya di Kawasan Dupan Convention Hall, Selasa (13/10). Dalam operasi tersebut melibatkan jajaran Pemkot Pekalongan dari Satpol PP Kota Pekalongan, Dinhub Kota […]

Balai Latihan Kerja Buka Pelatihan Terakhir di Tahun 2020

Pekalongan, Kabar OnlineUnit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Kota Pekalongan membuka pelatihan terakhir tahun 2020 yakni angkatan kerja ke-5 yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp100 juta. “Ada 2 kelas pelatihan yang dibuka dalam pelatihan tersebut yakni Pelatihan Potong Rambut Pria dan Processing (Tata Boga) yang akan berlangsung […]