Tegakkan Kepatuhan Bermasker, Pemkot Gencarkan Operasi Masker

Pekalongan, Kabar Online
Guna mencegah adanya penyusup dalam demo penolakkan Omnibus Law serta menegakkan penggunaan masker, Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan terus menggencarkan operasi tertib masker di berbagai kawasan, salah satunya di Kawasan Dupan Convention Hall, Selasa (13/10).

Dalam operasi tersebut melibatkan jajaran Pemkot Pekalongan dari Satpol PP Kota Pekalongan, Dinhub Kota Pekalongan, Satlantas Polres Pekalongan Kota, dan Kodim 0710/Pekalongan.

Kepala Seksi Penindakan dan Pemberdayaan PPNS, Sapto Widiaspono menyampaikan bahwa operasi masker terus dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat sekaligus melakukan penyekatan pendemo baik yang dari luar kota maupun dalam kota.

“Hari ini kami bersama dengan pihak Dupan Convention, Satlantas Polres Pekalongan Kota, Dinhub Kota Pekalongan dan Kodim Pekalongan melakukan operasi protokol kesehatan yang dibarengkan dengan operasi penyekatan pendemo. Tadi kepolisian juga memantau ada yang ikut demo atau tidak, untuk jaga-jaga jangan sampai kejadian seperti kemaren terjadi lagi,” ungkapnya.

Sapto menambahkan, dalam operasi tersebut terjaring kurang lebih 10 orang yang tidak menggunakan masker. Masyarakat yang melanggar diberikan edukasi serta sejumlah sanksi baik sanksi kerja sosial, pembinaan dan sanksi fisik (push up) sesuai Perwal Nomor 48 Tahun 2020 mengenai Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Tadi berlangsung mulai pukul 09.00 wib hingga 10.15 wib, dan kami dapati 10 orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Kami berikan edukasi sanksi untuk mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat lebih disiplin dalam menggunakan masker terlebih ketika sedang beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan secara rutin, dan hindari kerumunan .

“Kami imbau untuk selalu pakai masker, karena ini sudah aturan nasional yang harus ditaati. Dengan menggunakan masker kita juga dapat menjaga diri sendiri, orang lain, dan keluarga dari penularan Covid-19. Ke depannya, kami juga akan menyasar tempat-tempat yang banyak orang berkerumun,” pungkasnya

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Balai Latihan Kerja Buka Pelatihan Terakhir di Tahun 2020

Pekalongan, Kabar OnlineUnit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Kota Pekalongan membuka pelatihan terakhir tahun 2020 yakni angkatan kerja ke-5 yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp100 juta. “Ada 2 kelas pelatihan yang dibuka dalam pelatihan tersebut yakni Pelatihan Potong Rambut Pria dan Processing (Tata Boga) yang akan berlangsung […]

Kota Pekalongan Dapat 1.532 Tambahan Kuota KPM PKH

Pekalongan, Kabar OnlineDi tengah pandemi Covid-19, Kementerian Sosial (Kemensos) RI menambah kuota penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pekalongan sejumlah 1.532 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang saat ini sedang dalam proses validasi dan gencar di sosialisasikan kepada masyarakat. “Program PKH yang merupakan salah satu program bantuan sosial dari Kemensos RI yang diberikan kepada keluarga […]