BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada Banjir Jelang Musim Hujan

Pekalongan, Kabar Online
Jelang memasuki musim hujan di bulan Oktober, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan bencana banjir di Kota Pekalongan.

Kepala Pelaksana BPBD, Saminta menyebutkan bahwa untuk tahun ini musim penghujan akan jatuh lebih awal dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Menurut informasi yang kita dapat, musim hujan yang biasanya terjadi pada pertengahan Oktober akan lebih cepat datang, mungkin 3 hari lebih cepat,” ungkap Saminta, Kamis (15).

Berdasarkan hal tersebut, pihak BPBD melakukan rapat koordinasi dalam persiapan menghadapi musim hujan bersama BPBD Jawa Tengah di Semarang. “Kita telah melakukan rapat pada Rabu (14/10) dengan BPBD Jawa Tengah. Pembahasannya tentang koordinasi dan langkah-langkah dan kebijakan yang harus diambil dalam menghadapi bencana banjir,” papar Saminta.

Disampaikan, BPBD juga telah berupaya melakukan monitoring kepada sungai-sungai yang berpotensi meluap akibat hujan. “Petugas kami telah ada piket harian, setiap pagi, siang, dan sore untuk melakukan pengecekan dan pemantauan lingkungan, seperti sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir. Kita cek apakah ada tanggul yang bocor ataupun pecah agar dapat diperbaiki dengan cepat,” terangnya.

Saminta berharap masyarakat Kota Pekalongan waspada dalam menghadapi musim hujan ini. “Kita harus tetap waspada karena banjir dan rob dapat datang kapan saja,” pungkasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Padat Karya Antisipasi Banjir Sasar Empat Titik

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan berupaya mengentaskan pengangguran di Kota Pekalongan salah satunya melalui program padat karya yang digalakkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan. Jelang musim hujan ini padat karya yang melibatkan 276 tenaga ini menyasar empat titik yakni Sungai Bremi di Kelurahan Tirto, normalisasi saluran di Kelurahan Klego, normalisasi saluran di […]

Pemkot Sukses Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut

Pekalongan, Kabar OnlinePrestasi kembali ditorehkan Pemerintah Kota Pekalongan atas apresiasi dan penghargaan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian WTP tersebut secara simbolis diserahterimakan melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pekalongan Wahyu […]