Pemkot Minta Masyarakat Empati dengan Tetangga

Pekalongan, Kabar Online
Covid-19 di Kota Pekalongan belum berhenti dan masih menunjukkan penambahan kasus terkonfirmasi positif setiap harinya. Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan tengah masif menyelenggarakan swab tes dengan harapan dapat mencegah merebaknya penularan Covid-19 di Kota pekalongan.

Pemkot Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan menginstruksikan masyarakat untuk mengaktifkan program Jogo Tonggo yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo guna saling menjaga antarwarga dari Covid-19.
“Jogo Tonggo merupakan program dari Gubernur dalam rangka penanganan Covid-19. Oleh karenanya di masa pandemi ini seluruh masyarakat di Kota Pekalongan harus bergotong royong. Dampak Covid-19 tidak akan selesai jika tidak ada gotong-royong, maka berempati dengan tetangga sangat penting,” ujarnya, Kamis (15/10).

Budi menekankan, apabila ada kasus konfirmasi positif, Dinkes, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD), dan pimpinan wilayah setempat akan langsung melakukan tindakan pertama yakni penyemprotan desinfektan baik di rumah warga ataupun di perkantoran.

“Langkah kedua yang akan kami lakukan yakni mengedukasi masyarakat agar tetap mengaktifkan Jogo Tonggo dengan cara bergotong royong dalam membantu warganya yang positif Covid-19,” terang Budi.

Menurut Budi, dengan Jogo Tonggo harapannya masyarakat bisa membantu memenuhi kebutuhan warga yang positif Covid-19 bukan malah mengucilkannya. “Yang harus dijauhi adalah penularan penyakitnya bukan penderitanya,” tegas Budi.

Dipaparkan, dalam pelaksanaannya Jogo Tonggo mancakup dua hal, yaitu jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi. Jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan, dan pemantauan warga.

“Jaring pengamanan ekonomi akan memastikan tidak ada satupun warga yang kelaparan selama wabah dan mengusahakan kegiatan ekonomi warga berjalan dengan baik pasca wabah,” pungkasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Padat Karya Antisipasi Banjir Sasar Empat Titik

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan berupaya mengentaskan pengangguran di Kota Pekalongan salah satunya melalui program padat karya yang digalakkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan. Jelang musim hujan ini padat karya yang melibatkan 276 tenaga ini menyasar empat titik yakni Sungai Bremi di Kelurahan Tirto, normalisasi saluran di Kelurahan Klego, normalisasi saluran di […]

Pemkot Sukses Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut

Pekalongan, Kabar OnlinePrestasi kembali ditorehkan Pemerintah Kota Pekalongan atas apresiasi dan penghargaan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian WTP tersebut secara simbolis diserahterimakan melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pekalongan Wahyu […]