Kontrak Ditandatangani, Pengerjaan Fisik Kawasan Wisata Laut Segera Dimulai

Pekalongan, Kabar Online
Tak lama lagi, Kota Pekalongan akan memiliki Kawasan Wisata Laut yang digadang-gadang terbesar di Indonesia. Pasalnya, pembangunan Kawasan Wisata Laut ini bakal segera dilakukan proses pengerjaan fisik pada Bulan November mendatang.

Pengerjaan fisik mulai dilakukan setelah adanya penandatanganan kontrak Penataan Kawasan Wisata Laut Pekalongan secara virtual antara Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjem Cipta Karya Kementerian-PUPR dan Direktur Utama PT Saranabudi Prakarsaripta selaku Konsultan Manajemen Konstruksi dan Direktur PT Abadi Prima Intikarya sebagai Kontraktor Pelaksana.

Penandatangan kontrak tersebut disaksikan langsung oleh Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kemen-PUPR RI Didiet Arief Akhdiat dan Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Sekda Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih, beserta para Kepala OPD di lingkup Pemkot Pekalongan, bertempat di Ruang Media Center Kota Pekalongan, Selasa(27/10).

Pengerjaan Kawasan Wisata Laut ini dilakukan secara multiyears hingga tahun 2021 mendatang. Kehadiran Taman Wisata Laut Kota Pekalongan tidak hanya menyediakan kawasan wisata laut terbesar di Kota Pekalongan dan kota/kabupaten di sekitarnya. Melainkan, juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Pekalongan Utara yang tergolong kelompok rentan.

Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz menyampaikan rasa syukur dan terima kasih luar biasa atas pembangunan proyek infrastrukttur berkelanjutan tersebut yang dibiayai sepenuhnya dengan APBN Pemerintah Pusat melalui Kemen-PUPR.

“Mengingat Kawasan wisata ini sudah diimpikan betul di mana Kota Pekalongan memiliki wisata yang representatif dan bisa menjadi harapan semua masyarakat Kota Pekalongan. Kota Pekalongan sendiri Sumber Daya Alamnya sangat terbatas, hanya memiliki wisata laut. Oleh karena itu, wisata laut yang nantinya bakal ditata menjadi wisata yang menarik itu adalah salah satu impian masyarakat Kota Pekalongan,” terangnya.

Menurut Saelany, dengan dibangunannya Kawasan Wisata Laut itu diharapkan tidak hanya pengembangan wisata tetapi juga akan menumbuhkan perekonomian masyarakat Kota Pekalongan sehingga masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan tersebut dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mengais rejeki (bekerja).

“Kehadiran para wisatawan yang datang ke Kota Pekalongan akan adanya pembangunan Kawasan Wisata Laut ini nantinya akan sangat berpengaruh pada perekonomian Kota Pekalongan dimana batiknya akan laku, kuliner, hotel, dan hasil -hasil produk unggulan Kota Pekalongan pun juga akan laris manis,” ucapnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Perkuat Ekonomi Kreatif, Komisi X DPR RI Kunjungi Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja Panja Ekonomi Kreatif pada Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPR RI disambut baik oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz beserta para asisten Setda Kota Pekalongan, Kepala OPD terkait, Ketua Kadin Kota Pekalongan, dan Perwakilan Rumah […]

Resmikan 8 Kantor Pelayanan, Pemkot Dorong ASN Tingkatkan Pelayanan

Pekalongan, Kabar OnlineSempat tertunda beberapa waktu lalu akibat pandemi, Pemerintah Kota Pekalongan meresmikan 8 gedung Kantor Pelayanan Pemerintahan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 8 Gedung kantor tersebut secara simbolis diresmikan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz dalam kegiatan Sarasehan K3 yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Adapun […]