Miliki Laboratorium PCR, Hasil Tes Swab di RSU Bendan Bisa Diketahui dalam Sehari

Pekalongan, Kabar Online
Kota Pekalongan kini memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan untuk mempercepat pendeteksian pemeriksaan sampel tes usap (swab test) Covid-19.

Keberadaan laboratorium PCR yang dibangun secara mandiri itu diresmikan oleh Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto, dan Direktur Umum RSUD Bendan Kota Pekalongan dr Junaedi Wibawa ditandai dengan pengguntingan pita beroperasinya Laboratorium PCR RSUD Bendan, Selasa (27/10).

Usai meresmikan, Wali Kota menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya Laboratorium PCR di RSUD Bendan ini yang diharapkan mampu mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan.

Menurutnya, selama ini, Pemerintah Kota Pekalongan selalu mengirim sampel swab ke laboratorium kesehatan milik Kementerian Kesehatan di Kota Semarang. Biasanya lanjut Saelany, hasil tes swab baru akan diketahui beberapa hari hingga sepekan setelah sampel dikirim.

“Keberadaan Lab PCR ini merupakan solusi yang urgen dan tepat untuk Kota Pekalongan yang selama ini untuk hasil swab harus menunggu beberapa hari setelah sampel peserta dikirim ke Semarang dan harus antri bersamaan dengan hasil swab daerah-daerah lain, tidak hanya Kota Pekalongan saja. Dengan laboratorium PCR ini, hasil tes bisa diketahui dalam satu hari saja,” tutur Saelany.

Disampaikan, jika hasil tes diketahui lebih cepat, risiko penularan bisa ditekan. Sehingga, keberadaan laboratorium PCR ini bisa membantu memutus mata rantai penularan virus Covid-19 lebih maksimal karena pelacakan terhadap kontak erat lebih cepat dilakukan.

“Terlebih, Kota Pekalongan saat ini sudah masuk dalam zona merah dan kasus penularan Covid-19 sudah melalui transmisi lokal dan memunculkan sejumlah kluster baik perkantoran, keluarga, pendidikan, dan lain sebagainya,” ucapnya.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada lab PCR ini dimana RSUD Bendan memiliki fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Begitu tahu bahwa pasien itu positif, kami bisa segera melakukan pelacakan serta pengetesan kepada keluarga dan kontak eratnya,” sambungnya.

Direktur Umum RSUD Bendan, dr Junaedi Wibawa menjelaskan, keberadaan Lab PCR ini sudah dipersiapkan sejak 3 bulan lalu dan terlaksana berkat anggaran dana yang dialokasikan Pemkot Pekalongan melalui Dana Intensif Daerah (DID) tambahan tahap I dan II sekitar Rp2 Miliar.

“Hari ini Alhamdulillah setelah melalui perjalanan panjang RSUD Bendan akhirnya bersiap melakukan pemeriksaan lab PCR untuk pasien Covid-19 yang terlaksana atas kepedulian Pemkot Pekalongan untuk pembangunan Lab PCR ini beserta alat kelengkapannya,” bebernya.

Junaedi mengungkapkan, karena Lab PCR ini sudah dilengkapi dengan ekstrator otomatis, maka dalam pemeriksaan uji sampel Covid-19 dapat mengetes sebanyak 300-400 orang setiap harinya baik dari masyarakat yang melakukan pemeriksaan mandiri, internal rumah sakit, dan seluruh masyarakat yang ditracking dan atas keinginan sendiri untuk periksa.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Perkuat Ekonomi Kreatif, Komisi X DPR RI Kunjungi Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja Panja Ekonomi Kreatif pada Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPR RI disambut baik oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz beserta para asisten Setda Kota Pekalongan, Kepala OPD terkait, Ketua Kadin Kota Pekalongan, dan Perwakilan Rumah […]

Resmikan 8 Kantor Pelayanan, Pemkot Dorong ASN Tingkatkan Pelayanan

Pekalongan, Kabar OnlineSempat tertunda beberapa waktu lalu akibat pandemi, Pemerintah Kota Pekalongan meresmikan 8 gedung Kantor Pelayanan Pemerintahan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 8 Gedung kantor tersebut secara simbolis diresmikan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz dalam kegiatan Sarasehan K3 yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Adapun […]