Pemkot Pekalongan Serahkan 504 Sertifikat kepada Warga

Pekalongan, Kabar Online
Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan beserta pegawai Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekalongan mengikuti penyerahan satu juta sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Presiden Jokowi secara virtual di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Senin siang (9/11).

Pemerintah Kota Pekalongan turut mensukseskan Program Satu Juta Sertifikat di tengah pandemi Covid-19. Sebanyak 504 sertifikat diserahkan untuk masyarakat Kota Pekalongan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih mengungkapkan bahwa Pemkot Pekalongan sangat mendukung percepatan PTSL. Sertifikat tanah ini adalah jaminan legalitas kepemilikan tanah.

“Hak masyarakat untuk memiliki sertifikat dapat terpenuhi sehingga ke depannya sertifikat ini dapat digunakan untuk pengembangan usaha atau modal usaha masyarakat,” tutur Ning.

Kepala Kantor Pertnahan (Kantah) Kota Pekalongan, Retna Kustiyah menjelaskan bahwa tahun 2020 pihaknya menyerahkan 504 bidang. Namun karena adanya pandemi Covid-19 ini baru ia serahkan secara simbolis tadi sebanyak 50 bidang.

“Kami akan atur cara pendistribusian sertifikat bidang tanah ini di Kantah Kota Pekalongan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Retna.

Disampaikan, di Kota Pekalongan ini masih 1.200 bidang yang belum bersertifikat. Ini akan terus Kantah Pekalongan ajukan pada PTSL 2021.

“Dengan adanya sertifikat dalam mengelola aset tentunya pemerintah akan semakin tertib administrasi, kemudian masyarakat akan mendapat kepastian hukum. Ini juga untuk mencegah adanya sengketa batas,” terang Retna.

Salah satu warga Kota Pekalongan penerima sertifikat, Muhammad Fur’i mengaku senang dengan sertifikat tanah miliknya yang akhirnya bisa ia terima. “Alhamdulillah tanah milik saya seluas 147 M² bisa disertifikat. Jangkauan waktu pembuatan ini hanya 5 bulan. Tanah ini akan kami bangun rumah ke depannya,” ungkap Fur’i, Kamis (19/11).

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Perkuat Ekonomi Kreatif, Komisi X DPR RI Kunjungi Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja Panja Ekonomi Kreatif pada Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPR RI disambut baik oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz beserta para asisten Setda Kota Pekalongan, Kepala OPD terkait, Ketua Kadin Kota Pekalongan, dan Perwakilan Rumah […]

Resmikan 8 Kantor Pelayanan, Pemkot Dorong ASN Tingkatkan Pelayanan

Pekalongan, Kabar OnlineSempat tertunda beberapa waktu lalu akibat pandemi, Pemerintah Kota Pekalongan meresmikan 8 gedung Kantor Pelayanan Pemerintahan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 8 Gedung kantor tersebut secara simbolis diresmikan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz dalam kegiatan Sarasehan K3 yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu. Adapun […]