Kantor Keimigrasian Kota Pekalongan Mulai Operasional

Pekalongan, Kabar Online
Masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya kini tak harus lagi jauh-jauh pergi ke Pemalang jika ingin mengurus dokumen keimigrasian seperti paspor, visa, dan sebagainya. Pasalnya, kini telah dibuka Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kota Pekalongan yang merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Pemalang.

Keberadaan UKK yang menempati di eks Gedung Wanita Jalan Majapahit Kota Pekalongan ini sudah mulai beroperasional secara perdana melalui peluncuran Layanan Paspor UKK Kota Pekalongan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Senin (11/11).

Usai membuka secara resmi sekaligus mengecek kelengkapan sarpras di dalam UKK tersebut, Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengaku bersyukur dan bangga bahwa UKK Kota Pekalongan ini sudah siap beroperasi melayani warga Kota Pekalongan dan sekitarnya (Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal,dan sebagainya) yang ingin membuat paspor atau mengurus keimigrasian lainnya.

“Bahkan untuk Izin Tinggal Orang Asing pun dapat dilayani di UKK Kota Pekalongan. Hal ini merupakan wujud komitmen antara Pemerintah Kota Pekalongan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Pemalang dalam rangka mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat,” ungkap Wali Kota.

“Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan, tentu saja kami merasa bangga teriring ucapan Selamat dan Sukses atas diresmikannya Gedung UKK Imigrasi Kota Pekalongan, yang pada hari Jumat kemarin telah dilakukan penanda-tanganan peresmian dengan Kementerian Hukum dan HAM RI, dan disaksikan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI (Bapak Yasona Laoly). Dan mulai hari ini, Senin (16 November 2020), Unit Kerja Kantor Imigrasi Kota Pekalongan resmi beroperasi,” sambungnya.

Untuk sementara, beberapa pelayanan yang bisa diurus di UKK Imigrasi Kota Pekalongan lanjut Saelany, hanya sebatas pada layanan permohonan paspor baru dan penggantian selain hilang atau rusak dengan kuota yang terbatas, yakni hanya 15 permohonan per hari, dengan jam pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

“Namun demikian, warga dapat memanfaatkan pendaftaran permohonan melalui WA Gateway di nomor 08112622121 dengan mengetik ANTRIANPASPOR#UKKPEKALONGAN#NIK#NAMA untuk mendapatkan antrian pelayanan,” jelasnya.

Disampaikan, pemohon bisa datang langsung ke Kantor UKK Imigrasi Pekalongan dengan membawa persyaratan sebagaimana yang telah di tentukan. Inilah wujud komitmen kami dalam memenuhi pelayanan publik bagi masyarakat yang mudah, murah, dan cepat, yang diharapkan dapat berbanding lurus dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

“Apalagi gedung yang digunakan ini cukup representatif, terletak di pusat pemerintah, dan kantornya pun cukup bagus dan luas. Harapannya, semoga masyarakat bisa terpuaskan,” terang Saelany.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

DPRD Tetapkan Aaf-Salahudin Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, HA Afzan Arslan Djunaid–H Salahudin sebagai pemenang dalam ajang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan Tahun 2020. Menindaklanjuti surat penetapan KPU tersebut, DPRD Kota Pekalongan langsung menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota […]

Dinhub Kota Pekalongan Miliki Bus Sekolah

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) akhirnya memiliki satu unit bus sekolah atas penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan RI karena dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik. “Bus sekolah ini nantinya akan dioperasikan usai pandemi dan setelah sistem yang direncanakan siap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan Slamet […]