Perkuat Ekonomi Kreatif, Komisi X DPR RI Kunjungi Kota Pekalongan

Pekalongan, Kabar Online
Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja Panja Ekonomi Kreatif pada Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kota Pekalongan, Jumat (20/11) pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPR RI disambut baik oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz beserta para asisten Setda Kota Pekalongan, Kepala OPD terkait, Ketua Kadin Kota Pekalongan, dan Perwakilan Rumah Kreatif.

Walikota Saelany menyampaikan, ada tiga permasalahan yang dihadapi para pembatik di Kota Pekalongan diantaranya yakni bahan baku, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dan identitas batik.

“Saya kira ini sangat bermanfaat sekali, membahas terkait masalah ekonomi kreatif salah satunya masalah tentang batik. Mudah-mudahan tiga masalah yang dihadapi para pembatik ini bisa menjadi masukan bagi Komisi X DPR RI maupun Kementerian Pariwisata,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan kerja di Kota Pekalongan dalam rangka mengidentifikasi dan menampung permasalahan maupun saran sebagai upaya penguatan ekonomi kreatif.

“Era pandemi ini, pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki dua panja yakni panja pemulihan pariwisata dan panja penguatan ekonomi kreatif, yang penyusunanya akan selesai pada tanggal 11 Desember. Bagaimana upaya ini dapat membangkitkan ekonomi kreatif yang memiliki potential winner,” tutur Fikri.

Terkait dengan permasalahan dan usulan yang disampaikan, Fikri mengatakan bahwa selanjutnya pihaknya akan mengkaji bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Setiap kota memiliki kelebihan masing-masing. Di Kota Pekalongan misalnya batik, produk yang dibuat dalam jumlah banyak dan ternyata merupakan Kota Kreatif Asia. Setelah ini, akan kami godok bersama dengan Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan solusi bagi masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, rombongan Komisi X DPR RI menyempatkan berkunjung ke Sentra Industri Kreatif Kota Pekalongan yakni Ridaka dan Griya Mas Batik.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

DPRD Tetapkan Aaf-Salahudin Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, HA Afzan Arslan Djunaid–H Salahudin sebagai pemenang dalam ajang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan Tahun 2020. Menindaklanjuti surat penetapan KPU tersebut, DPRD Kota Pekalongan langsung menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota […]

Dinhub Kota Pekalongan Miliki Bus Sekolah

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) akhirnya memiliki satu unit bus sekolah atas penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan RI karena dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik. “Bus sekolah ini nantinya akan dioperasikan usai pandemi dan setelah sistem yang direncanakan siap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan Slamet […]