Lampaui Target, Realisasi Pajak Daerah Capai Rp69,5 Miliar

Pekalongan, Kabar Online
Realisasi pajak daerah Kota Pekalongan sampai dengan minggu ke tiga bulan November telah mencapai Rp69,5 Miliar atau 103,7 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp65,19 Miliar.

Hal ini disampaikan Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Pajak Daerah Kota Pekalongan Tahun 2020 yang diinisiasi oleh Badan Keuangan Daerah Kota Pekalongan, bertempat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (26/11).

“Dalam hal capaian PAD dari sektor pajak daerah, sebagaimana dilaporkan Badan Keuangan Daerah Kota Pekalongan, kita telah berhasil mengupayakan adanya peningkatan realisasi pajak daerah sebesar Rp34,4 miliar selama kurun waktu 4 tahun terakhir (tahun 2016 sd 2019),” jelasnya.

Sementara lanjutnya, untuk realisasi pajak daerah sampai dengan minggu ketiga bulan November telah mencapai Rp 69,5 miliar atau 103,7 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp65,19 miliar,” terangnya.

Saelany mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pejuang pendapatan pajak daerah, juga kepada seluruh wajib pajak atau wajib pungut pajak yang telah mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Meskipun di tengah pandemi, para wajib pajak ini tetap memenuhi salah satu kewajibannya sebagai warga negara. Saya menyadari bahwa pandemi Covid-19 telah berdampak pada lesunya aktivitas ekonomi nasional yang turut menekan penerimaan pajak daerah yang menjadi bagian dari PAD,” ungkapnya.

“Kegiatan FGD optimalisasi pajak ini juga merupakan upaya pembinaan dan keseriusan Pemkot Pekalongan melalui BKD untuk terus memotivasi dan memberi semangat para wajib pajak dalam meningkatkan kepatuhan membayar pajak dengan berbagai kemudahan fasilitasi relaksasi pembayaran, sehingga ini semua jenis pajak hampir tercapai target. Mudah-mudahan yang belum terpenuhi capaian target ini seperti pajak parkir bisa segera menyusul terpenuhi,” pungkasnya.

Kepala BKD Kota Pekalongan R Doyo Budi Wibowo menyampaikan bahwa selama ini BKD Kota Pekalongan telah mengupayakan optimalisasi PAD dari sektor pajak daerah, retribusi daerah, dan pendapatan sah lainnya.

Doyo menyebutkan, beberapa objek pajak yang sudah melampaui dari target yang ditetapkan adalah PBB 133%, BPHTB 112%, Reklame 101%, Retribusi 112% dan Pajak Air Tanah sebesar 112%.

Besarnya capaian penerimaan pajak yang sudah melampaui target ini tidak lepas dari berbagai upaya yang digencarkan oleh BKD kepada wajib pajak di antaranya selalu intens dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat selaku wajib pajak melalui kegiatan sosialisasi, pemberian stimulus bebas denda administratif keterlambatan pembayaran PBB,dan berbagai upaya lainnya.

“Yang sudah melampaui target ini kami sangat bersyukur dan capaian pajak lain yang masih belum memenuhi target 100% seperti pajak hotel 95%, hiburan 96%, PPJ 93%, pajak parkir 84% masih terus kami upayakan agar bisa tercapai hingga akhir tahun ini baik dengan pendekatan yuridis dan teknis,” tandasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

DPRD Tetapkan Aaf-Salahudin Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Pekalongan, Kabar OnlineKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, HA Afzan Arslan Djunaid–H Salahudin sebagai pemenang dalam ajang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan Tahun 2020. Menindaklanjuti surat penetapan KPU tersebut, DPRD Kota Pekalongan langsung menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota […]

Dinhub Kota Pekalongan Miliki Bus Sekolah

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) akhirnya memiliki satu unit bus sekolah atas penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan RI karena dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik. “Bus sekolah ini nantinya akan dioperasikan usai pandemi dan setelah sistem yang direncanakan siap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan Slamet […]