Cuaca Tak Menentu, BPBD Minta Masyarakat Tetap Waspada Bencana

Pekalongan, Kabar Online
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan meminta masyarakat Kota Pekalongan khususnya siaga mewaspadai potensi bencana yang bisa datang kapan dan di mana saja. Hal itu menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu yang terjadi saat ini.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dimas Arga Yudha mengatakan, berdasarkan perkiraan cuaca berbasis dampak curah hujan sebagaimana dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima BPBD Kota Pekalongan, pada tanggal 16-17 Februari 2021, hampir seluruh wilayah Jawa Tengah mengalami curah hujan intensitas sedang dan lebat.

“Untuk Kota Pekalongan dalam kategori wilayah waspada dengan curah hujan intensitas lebat. Sehingga kami berharap masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya serta diminta menyebarluaskan informasi kepada masyarakat lainnya berbasis informasi yang sudah benar dan diakui kevalidasiannya agar tidak menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat yang sedang mengalami musibah banjir,” tuturnya.

Pihaknya juga memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat baik yang terdampak banjir. Banjir di wilayahnya yang sudah surut maupun masyarakat yang tinggal di wilayah pinggiran sungai untuk lebih menyiapkan antisipasi risiko dan penanganan bencana yang bisa datang tiba-tiba.

“Kami berpesan kepada masyarakat semuanya yang tinggal di wilayah-wilayah yang tidak mengalami banjir untuk tetap menjaga drainase lingkungan sekitar, sementara untuk masyarakat yang tinggal di wilayah cenderung terdampak dan saat ini masih dilanda banjir yang belum kunjung surut agar selalu waspada dan siaga, mengingat cuaca belum menentu.

“Pastikan alat-alat elektronik yang ada di rumah bisa diamankan ke tempat yang lebih aman dan tinggi, hindari bagian-bagian benda yang bersentuhan langsung dengan aliran listrik demi menjaga keamanan dan keselamatan jiwa,” ujarnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Jalan Hayam Wuruk Pekalongan Bakal Diujicobakan Dua Arah

Pekalongan, Kabar OnlineJalan Hayam Wuruk Kota Pekalongan yang awalnya ditetapkan Sistem Satu Arah (SSA) dari arah barat akan diujicobakan dua arah khusus untuk roda dua yakni dari arah timur sampai dengan simpang tiga Pasar Anyar. “Ini hasil dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) yang belum lama ini digelar di Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota […]

Susun RPJMD, Wali Kota Pekalongan Kebut Program-program Prioritas

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan mulai memasukan program-program prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) selama lima tahun ke depan. Secara garis besar tidak terlalu jauh dari program pemerintahan sebelumnya. “Program-program prioritas yang terus dikebut di antaranya penuntasan bencana banjir rob, kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan peningkatan infrastruktur serta sarana dan prasarana olahraga dan kesenian,” […]