Dindukcapil Minta Warga Tidak Gunakan Calo Saat Urus Dokumen Kependudukan

Pekalongan, Kabar Online
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan mengimbau masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan tidak menggunakan calo atau orang kedua.

“Dalam mengurus administrasi kependudukan, baik KTP, akta, maupun dokumen lain masyarakat diharapkan jangan melalui atau menggunakan jasa calo,” ujar Kepala Dindukcapil Suciono Jumat (19/3).

Dijelaskan, pengurusan semua dokumen kependudukan mulai dari pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Nikah, Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir, Akta Perceraian sampai Akta Kematian dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya sepersenpun.

“Kami setiap tahun selalu mendorong inovasi dan percepatan agar semakin mudah, cepat dan tanpa biaya atau gratis. Misalnya KTP rusak atau hilang, maka hanya perlu menunggu 5-10 menit kami akan cetakan kembali selagi tidak ada perubahan data, termasuk dokumen kependudukan lainnya dan gratis,” kata Suciono.

Ia menambahkan bahwa pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi ke tingkat RT/RW maupun kelurahan, terkait pembuatan akta kematian yang seringkali masyarakat abai atau menunda-nunda. Selain itu, pembuatan akta kematian, tidak hanya dapat dilakukan oleh kelurga yang bersangkutan namun pihak RT/RW setempat dapat membuatkan akta kematian mewakili keluarga bersangkutan ke Kantor Dindukcapil setempat.

“Kebanyakan, ketika sanak saudara ataupun keluarga meninggal tidak segera diurus. Baru akan dicari ketika dibutuhkan. Berbeda dengan akta kelahiran, di mana ketika bayi lahir maka akan otomatis dibuatkan. Kami juga bekerjasama dengan rumah bersalin dan bidan terkait dengan pembuatan paket 3 in 1 meliputi akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan KIA,” terangnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Vaksinasi Aman, Masyarakat Jangan Ragu

Pekalongan, Kabar OnlineLanjut usia (lansia) termasuk kelompok rentan Covid-19, kendati demikian kesadaran mereka untuk ikut vaksin cukup tinggi. Pemerintah Kota Pekalongan melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fayankes) di Kota Pekalongan setiap Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat melayani vaksinasi lansia baik untuk dosis pertama atau kedua. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto saat […]

Ratusan Lansia Suntik Vaksin di Museum Batik

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan menggelar vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Halaman Museum Batik Jumat (23/4) dan Sabtu (24/4) pukul 20.00 wib. Ratusan lansia antusias disuntik vaksin Covid-19 sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE mengungkapkan bahwa Kota Pekalongan ditarget oleh provinsi dan pusat untuk vaksinasi 19.000 orang. “Ini masih […]