Susun RPJMD, Wali Kota Pekalongan Kebut Program-program Prioritas

Pekalongan, Kabar Online
Pemerintah Kota Pekalongan mulai memasukan program-program prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) selama lima tahun ke depan. Secara garis besar tidak terlalu jauh dari program pemerintahan sebelumnya.

“Program-program prioritas yang terus dikebut di antaranya penuntasan bencana banjir rob, kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan peningkatan infrastruktur serta sarana dan prasarana olahraga dan kesenian,” ujar Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid usai membuka kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekalongan Tahun 2021-2026, bertempat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (24/3).

“Pasca pelantikan saya dan Pak Salahudin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada tanggal 26 Pebruari lalu, maka ada pekerjaan yang harus segera direalisasikan dalam waktu dekat, yaitu Penyusunan RPJMD Kota Pekalongan Tahun 2021–2026 sebagai rencana pembangunan 5 (lima) tahun ke depan,’ terangnya.

Disampaikan, RPJMD Kota Pekalongan juga akan memayungi 17 program unggulan. “17 program unggulan dan 8 visi misi itu harus disesuaikan juga dengan program-program yang sudah ditentukan pemerintah sebelumnya.

“Meskipun saat ini APBD mengalami refocussing sebesar Rp52 Miliar yang diprioritaskan untuk penanganan Covid-19, apapun itu akan kami maksimalkan. Tidak hanya berharap dari APBD Kota Pekalongan, kami juga terus komunikasikan dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Termasuk lanjutnya, untuk pembangunan tanggul dan pompa sudah dijalin komunikasi dengan Kementerian PUPR, Kementerian Kemaritiman RI terkait pembangunan pelabuhan onshore untuk peningkatan sektor perikanan, Kementerian Perdagangan mengenai pembangunan kembali Pasar Banjarsari, kepada Kementerian Kesehatan untuk penambahan alat kesehatan dan program vaksinasi.

“Kami juga tengah konsultasikan dengan Dinparbudpora untuk mengajukan anggaran kepada Kemenpora RI terkait pembangunan sport centre yang harus disiapkan lahan dan programnya untuk bisa diteruskan ke kementerian,” pungkasnya.

Kontributor: Abimanyu
Editor: Abdul Muiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Vaksinasi Aman, Masyarakat Jangan Ragu

Pekalongan, Kabar OnlineLanjut usia (lansia) termasuk kelompok rentan Covid-19, kendati demikian kesadaran mereka untuk ikut vaksin cukup tinggi. Pemerintah Kota Pekalongan melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fayankes) di Kota Pekalongan setiap Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat melayani vaksinasi lansia baik untuk dosis pertama atau kedua. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto saat […]

Ratusan Lansia Suntik Vaksin di Museum Batik

Pekalongan, Kabar OnlinePemerintah Kota Pekalongan menggelar vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Halaman Museum Batik Jumat (23/4) dan Sabtu (24/4) pukul 20.00 wib. Ratusan lansia antusias disuntik vaksin Covid-19 sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE mengungkapkan bahwa Kota Pekalongan ditarget oleh provinsi dan pusat untuk vaksinasi 19.000 orang. “Ini masih […]